Cara Refund Tiket Kereta Api di Traveloka Balik 100 Persen

cara refund tiket kereta

Refund tiket kereta api menjadi fasilitas menarik yang dibutuhkan mayoritas traveler. Dengan begitu, ketika traveler mengalami hambatan untuk melakukan perjalanan, padahal sudah beli tiket perjalanan, uang yang sudah dibayarkan bisa kembali. Namun, apakah benar akan kembali 100 persen?

Tata Cara Refund Tiket Kereta Api Offline

Kali ini, saya akan bercerita khusus untuk refund tiket kereta api secara online dan bisa 100 persen kembali. Secara umum, tiket kereta api memang bisa refund dengan ketentuan minimal tiga jam sebelum keberangkatan. Lalu, uang yang dikembalikan pun cuma 75 persen dari total harga tiket. Artinya, jika kamu beli tiket senilai Rp1 juta, uang yang dikembalikan hanya Rp750.000. 

Tata cara refund tiket kereta api offline bisa dilakukan dengan mendatangi stasiun keberangkatan. Dari situ, kamu akan diminta isi formulir untuk membatalkan tiket dan meminta uang kembali. Nantinya, uang refund tiket kereta api akan kembali paling lambat dalam 45 hari kerja.

Namun, kadang kan kita malas ya untuk jauh-jauh datang ke stasiun. Belum lagi ada potensi mengantre di loketnya. Apakah bisa refund tiketnya secara online? tentu saja bisa. 

Tata Cara Refund Tiket Kereta Api Online

Untuk bisa melakukan refund tiket kereta secara online, kamu harus mendownload aplikasi KAI Access: Tiket Kereta Api di Playstore atau Appstore. Jika kamu belum punya akunnya, bisa langsung daftar dulu untuk bisa menikmati fitur-fiturnya. 

Lalu, untuk melakukan refund secara online bisa melakukan beberapa tahapan ini:

1. Klik menu pembatalan di aplikasi

2. Pilih tiket kereta yang mau kamu batalkan

3. Nanti kamu akan diminta untuk mengisi formulir 

tahapan refund kereta api online
Tahapan refund tiket kereta api secara online via KAI Access

4. Kamu bakal dapat Email dari pihak KAI terkait waktu pengembalian uang

5. Nantinya uang refund akan dikembalikan langsung ke rekening bank-mu

Cara Refund Tiket dari Traveloka

Jika kamu mencari tahu cara refund tiket kereta api dari traveloka pasti diarahkan untuk datang ke konter di stasiun alias dengan cara offline. Lalu, bagaimana cara refund online kalau beli tiketnya di Traveloka?

Di sini, kamu tetap membutuhkan aplikasi KAI Access untuk bisa melakukan refund tiket, meski belinya di Traveloka. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tahap ini: 

1. Masukkan kode booking dari Traveloka ke KAI Access lewat menu tambahkan tiket

2. Setelah itu tiket kereta dari  Traveloka sudah terdaftar di KAI Access

Cara mengklaim tiket kereta dari Traveloka ke KAI Access.
Cara mengklaim tiket kereta dari Traveloka ke KAI Access.

3. Selanjutnya, kamu bisa melakukan refund tiket online dengan KAI Access

Bisa Refund Tiket Kereta 100 Persen?

Nah, buat kamu yang sering beli tiket kereta atau pesawat di Traveloka, pasti pernah dong menerima tawaran untuk bayar asuransi jaminan refund 100 persen? bagaimana skema jaminan refund 100 persen? apakah benar-benar bisa didapatkan? kita akan ulas di sini. 

Traveloka menawarkan polis jaminan refund 100 persen lewat kerja sama dengan Qoala App dan Sompo Insurance. Untuk mendapatkan jaminan refund 100 persen itu, kamu harus membayar uang premi asuransi yang mungkin tidak terlalu mahal. 

Untuk perjalanan dari Solo ke Semarang senilai Rp75.000, saya hanya membayar biaya premi asuransi refund senilai Rp6.000. Murah kan? 

Nah, Sompo Insurance ini bakal menggantikan uang 25 persen yang tidak dikembalikan oleh KAI tersebut. Misalnya, saya hanya dapat nilai refund dari KAI senilai Rp56.000. Nanti, Rp19.000 akan digantikan oleh Sompo Insurance tersebut. 

Lalu, bagaimana cara klaimnya? cek tahapannya di sini.

1. Bikin akun Qoala, jika dari dekstop atau latpop kamu bisa buka website Qoala.app. Jika dari ponsel lebih baik download aplikasi Qoala 

2. Buka email dan search Qoala untuk cari email nomor polis. Saya rekomendasi untuk search karena kadang ada di tab Promotion untuk di Gmail. Setelah ketemu, klik ajukan klaim. 

3. Di situ, Qoala akan minta nomor booking, tapi bukan nomor booking angka dan huruf dari Traveloka, melainkan nomor pesanan yang biasanya ada di subject email. Kalau kamu klik bagian klaim dari dekstop, nomor booking akan langsung terisi otomatis. 

Cara masukkan asuransi refund tiket 100 persen ke Qoala App
Cara masukkan asuransi refund tiket 100 persen ke Qoala App

4. Setelah itu, kamu bisa masuk ke menu bagian polis. Di situ, kamu klik klaim untuk pengajuan klaim. Setelah itu, kamu akan diminta mengisi beberapa formulir dan unggah data pemesanan tiket dan pembatalan dari KAI. 

5. Dokumen pemesanan tiket bisa kamu dapatkan dari aplikasi Traveloka, jika membeli dengan aplikasi tersebut. Lalu, formulir pembatalan bisa didapatkan dari email KAI setelah melakukan pembatalan dan pengajuan refund dari aplikasi KAI Access. 

Tahap pengisian formulir dan proses klaim dari pihak asuransi

6. Setelah oke, Qoala App akan menampilkan proses pengajuan klaim sudah sampai mana untuk saat ini. Lalu, Qoala juga akan kirim email ke kamu jika pengajuan sudah diproses. 

Beneran Bisa Dapat Refund 100 persen?

Nah, saya sempat mengajukan refund 100 persen ketika mudik lebaran kemarin (2022). Jadi, saya batal mudik ke Tangerang gara-gara anak lagi sakit timbul merah-merah di badannya, ada indikasi Flu Singapura. Sampai dua hari sebelum keberangkatan, dia masih belum pulih 100 persen. Akhirnya, saya memutuskan untuk mengajukan refund dengan cara di atas. 

BACA JUGA: Begini Sejarah Asuransi dan Kenapa Penting Banget untuk Kehidupanmu

Hanya dalam beberapa hari atau minggu, KAI langsung mentransfer balik uang tiket saya sebesar 75 persen dari total harga tiket. Lalu, bagaimana dengan refund sisanya dari Qoala App? sejak 11 Mei 2022 sampai detik ini belum cair juga. Bahkan, prosesnya masih dalam tahap pemeriksaan. 

Saya pun penasaran dan mencoba hubungi pihak Qoala App via aplikasinya. Jadi, aplikasi Qoala ini menyediakan support customer service via chat di aplikasi, Whatsapp, maupun email.

Konfirmasi dari pihak customer service Qoala terkait proses pembayaran klaim
Konfirmasi dari pihak customer service Qoala terkait proses pembayaran klaim

Hasilnya, pihak customer service mengakui ada kendala internal terkait proses pencairan klaim sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari estimasi sebelumnya. Namun, kalau lihat tanggapan warganet di Twitter, asuransi 100 persen refund ini memang membutuhkan waktu lama, dan banyak yang menyerah menunggu pembayaran klaim. 

Jadi, menurut saya, fasilitas refund 100 persen ini tidak direkomendasikan untuk dibeli jika pembelian tiket kereta api. Saya belum tahu bagaimana prosesnya untuk tiket pesawat. Jika teman-teman ada yang punya pengalaman refund 100 persen untuk tiket pesawat, boleh ceritain atau kirim link blog kamu di kolom komentar ya.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.