tenki no ko

Tenki no Ko bakal dirilis pada musim panas tahun ini. Nah, apakah akan ada cameo atau hubungannya dengan Kimi no Na wa?

update ulasan terkait film Tenki no Ko terbaru [Selasa, 27 Agustus 2019] ada di beberapa paragraf terakhir.

Jika melihat dua karya Makoto Shinkai terakhir, filmnya memiliki hubungan meskipun itu hanya berupa Cameo.

Pada 2013, Makoto merilis Kotonoha no Niwa yang bercerita tentang Takao Akizuki, anak sekolah yang punya mimpi membuat sepatu. Setiap hujan turun, dia selalu ke taman untuk menggambar sepatu.

Di sana, dia bertemu dengan Yukino, perempuan pekerja, yang kerap menghabiskan waktunya denga minum bir dan makan coklat di taman tersebut.

BACA JUGA : Melirik Makanan Halal di Jepang

Film berjenis drama ini hanya fokus kepada dua tokoh tersebut. Akhirnya, pertemuan keduanya harus berakhir karena Yukino memutuskan pindah kerja ke kampung halamannya.

Secara tidak langsung, kisah Kotonoha no Niwa ini berlanjut di Kimi no Na wa.

Film yang dirilis pada 2016 itu menceritakan tentang Mitsuha Miyamizu di desa itomori. Keluarga Miyamizu memiliki kemampuan spritual di mana tubuh anak perempuannya bisa bertukar dengan orang lain yang berbeda waktu.

Mitsuha Miyamizu bertukar tubuh dengan Taki Tachibana. Taki berasal dari dunia 3 tahun setelah Mitsuha.

Setiap bertukar tubuh, mereka akan lupa nama satu sama lain.

Lalu, apa hubungannya dengan Kotonoha no Niwa?

Ternyata, Yukino pindah kerja sebagai guru di Itomori. Tepatnya, sekolah Mitsuha.

Yukino memang hanya menjadi cameo dalam film tersebut. Namun, memperjelas cerita ke mana sebenarnya Yukino, sang ibu guru yang disukai murid laki-lakinya tersebut.

Cameo adalah Munculnya tokoh terkenal atau diketahui banyak orang dalam durasi yang tidak lama. Dia juga tidak memiliki peran yang besar hingga tidak memiliki dialog

Definisi Cameo

Kali ini, Makoto akan membuat film berjudul Tenki no Ko atau Weathering With You.

Tenki no Ko, Kisah si Pawang Hujan

Film animasi ini bercerita tentang siswa sekolah menengah Hodaka yang meninggalkan rumahnya di sebuah pulau terpencil untuk pindah ke Tokyo.

Namun, dia pun menemukan pekerjaan sebagai penulis di sebuah majalah. Saat itu, dia bertemu dengan perempuan muda bernama Hina yang memiliki kekuatan menghentikan hujan dan membersihkan langit.

Kira-kira, akankah ada Mitsuha atau Taki muncul dalam film ini meskipun hanya sebagai cameo?

Film ini bakal dirilis pada 19 Juli 2019 di Jepang dan seluruh dunia.

Tiga film Makoto Shinkai dari 2013, 2016, dan 2019 memiliki hubungan dengan langit.

Jika Kotonoha no Niwa bercerita tentang cuaca, hujan yang mempertemukan Takao dengan Yukino. Kimi no Na wa bercerita tentang meteor yang melintasi langit Itomori.

Meteor yang menerjang desa Itomori pun sudah tampak pada akhir film Kotonoha no Niwa.

Seolah, hadirnya komet di langit setiap film Makoto menjadi ciri khas tersendiri.

Lalu, Tenki no Ko akan berkisah tentang gadis pengendali cuaca. Peluang cameo dari film sebelumnya pun sangat besar.

Dalam film anyarnya itu, Makoto akan bekerja sama dengan RADWIMPS untuk lagu latarnya.

Soundtrack Kimi no Na wa

Sebelumnya, RADWIMPS juga bekerja dengan Makoto untuk lagu Kimi no Na wa. Lagu itu pun cukup populer, music video (MV)nya tembus 212,31 juta penonton di Youtube.

Ulasan Tenki no Ko

Agustus adalah waktunya musim panas di Jepang, rata-rata suhu di sana bisa mencapai 32 – 40 derajat celcius. Namun, kondisi cuaca berbeda terjadi, hujan terus turun di Tokyo.

Hina Amano terus berdoa agar cuaca bisa kembali cerah seperti seharusnya di tengah kondisi ibunya yang memburuk. Tak sengaja, dia melihat pancaran sinar matahari yang fokus ke satu titik.

Hina pun berjalan ke sana dan menemukan sebuah kuil di atap bangunan yang tidak terpakai. Dari sini, Hina mulai bisa mengendalikan cuaca.

Di sisi lain, Hodaka Morishima sedang kabur dari rumah yang berada di sebuah pulau kecil di Jepang. Hodaka menuju Tokyo tanpa arah, tetapi dalam perjalanan dia bertemu dengan Keisuke Suga.

Hodaka hanya berpikir ingin mencari kerja paruh waktu yang memiliki upah besar di Tokyo, tetapi kenyataannya tidak semudah itu.

Ketika sampai di Tokyo, Hodaka menjadi buronan polisi setelah menggunakan pistol yang ditemukannya di restoran cepat saji. Pistol itu digunakan untuk melindungi Hina, gadis yang ditemuinya di restoran cepat saji dan memberikannya makan malam secara cuma-cuma.

Pertemuan antara Hina dan Hodaka itu menjadi inti cerita dalam film ini. Secara keseluruhan, kisahnya mirip dengan tiga film Makoto Shinkai terakhir, yakni Kimi no Nawa dan Kotonoha no Niwa. Ketiga filmitu mengisahkan tentang pertemuan, perpisahan, pencarian, dan langit.

Sebenarnya, saya menangkap ada pesan lainnya dari film Tenki no Ko ini, yakni terkait ulah manusia dan akibatnya.

Ketika Tokyo dilanda hujan tiga tahun berturut-turut, seorang nenek yang ditemui Hodaka berkata kalau kejadian yang menimpa Ibu kota Jepang itu memang sudah takdir, bukan hal aneh.

“Dulu, Tokyo juga cuma sebuah teluk, jika sekarang digenangi air pun wajar,” ujar Nenek itu.

Artinya, ini seperti menyindir aksi reklamasi yang dilakukan untuk pembangunan wilayah demi kepentingan manusia. Namun, makna ini hanya dari sudut pandang saya saja.

Tokoh Kimi no Nawa

Mungkin ini rada spoiler, tetapi saya akan memaparkan kehadiran tokoh Kimi no Nawa di film Tenki no Ko.

Satu poin yang jelas, sosok Miyamizu Mitsuha sebagai salah satu pedagang di pusat perbelanjaan. Dia merekomendasikan Hodaka membeli cincin sebagai kado ulang tahun Hina.

Penjual itu menggunakan kartu nama dengan nama Miyamizu. Selain nama depan yang mirip, secara karakter juga mengarah ke arah Mitsuha.

Lalu, di mana Tachibana Taki? ini yang saya agak terlewat, tetapi tampaknya Taki adalah pria yang tinggal bersama neneknya. Jadi, ada seorang nenek yang meminta jasa Hina dan Hodaka untuk mengubah cuaca, dan itu adalah neneknya Taki.

Di sana, sosok pria muda menyarankan kepada Hodaka untuk memberikan kado kepada Hina yang akan ulang tahun beberapa hari lagi.

Nah, buat penggemar film Makoto Shinkai dan sudah nonton Tenki no Ko, benar enggak sih Taki yang berada di rumah nenek-nenek itu? Boleh balas di kolom komentar ya.

Skor Tenki no Ko: 7/10

2 thoughts on “Tenki no Ko, Prediksi Munculnya Tokoh Kimi no Na wa”

  1. mantuls reviewsnya , tapi menurut saya kalo soal plot cerita ngebandingin dengan kimi no nawa rasanya kurang .Btw kalo ada waktu bolehlah mampir ninggalin jejak di tekloggers ‘-‘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.