Pilihan aplikasi untuk investasi reksa dana makin beragam. Hal itu selaras dengan makin meleknya masyarakat dengan investasi reksa dana,

Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi yang disebut memiliki risiko lebih rendah ketimbang saham. Menyambut peluang itu, banyak pengembang aplikasi yang menyediakan fasilitas investasi reksa dana langsung dari ponsel pintar. Namun, apakah semua itu aman?

Beberapa grup investasi di Telegram maupun Line Square kerap bertanya, pilihan aplikasi investasi reksa dana terbaik. Lalu, ada pula yang bertanya aplikasi investasi reksa dana yang paling aman.

BACA JUGA : Bisnis Online dan Seleksi Alam

Menjawab pertanyaan ini cukup membingungkan, ‘aman’ dari segi apa? jika ‘aman’ dari segi selalu untung, berarti itu tidak mungkin. Pasalnya, setiap investasi pasti memiliki risiko, meskipun menempatkannya di reksa dana pasar uang.

Di sisi lain, seorang teman mengaku ogah investasi di reksa dana karena keuntungannya tidak maksimal. Jika langsung terjun ke saham, keuntungan yang di terima bisa lebih optimal.

Namun, keputusan seperti itu adalah pilihan, keuntungan investasi reksa dana memang tidak sebesar saham, tetapi kembali ke pepatah “high risk high return.”

Seiring dengan perkembangan teknologi finansial saat ini, apa pilihan aplikasi investasi reksa dana yang paling bagus dari segi fasilitas?

Saya sih tidak akan merekomendasikan aplikasi yang terbaik, tetapi ini pilihan sesuai dengan kenyamanannya masing-masing. Soalnya, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bareksa

Bisa dibilang, Bareksa adalah pelopor platform yang khusus menjual reksa dana. Sebelum Bareksa, beberapa sekuritas mungkin sudah ada yang gencar mempromosikan platform reksa dana, tetapi bercampur dengan saham juga.

opsi rekomendasi reksa dana ala bareksa
Tampilan rekomendasi reksa dana ala halaman depan aplikasi Bareksa

Mekanisme pembayaran Bareksa lebih sederhana karena hanya perlu melakukan transfer bank. Berbeda dengan pembelian melalui sekuritas yang harus membuat rekening dana nasabah (RDN) terlebih dulu.

Tampilan depan aplikasi Bareksa di android cukup sederhana. Pengguna akan disajikan nilai portofolio investasi penggunanya.

Selain itu, tampilan depan ini juga menyediakan rekomedasi produk reksa dana. Pengguna juga disajikan dengan informasi terkini terkait kondisi pasar dan informasi edukasi lainnya.

reksa dana lewat bareksa
Fitur Watchlist ala Bareksa

Bareksa membagi produk reksa dana menjadi empat yakni, reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Ketika memilih opsi melihat produk, tampilannya cukup menarik. Bareksa menyediakan prospektus dan fund fact sheets yang sangat bermanfaat untuk melihat kinerja dan prospek produk reksa dana tersebut.

Sayangnya, Bareksa tidak menampilkan grafik kinerja historis produk reksa dana yang terlalu detail di aplikasi Android.

masalah simulasi bareksa
Masalah pada fitur simulasi Bareksa di Android

Kelebihan Bareksa adalah memiliki kalkulator simulasi investasi reksa dana per produk dengan cukup komprehensif.

Sayangnya, saya mencoba berkali-kali untuk melakukan simulasi tak kunjung berhasil.

“Entah ini disebabkan faktor ponsel pintar atau jaringan internat. Saya akses Bareksa menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1 32 GB/ 3 GB dengan operator Indosat 4G dan internet Wifi First Media”

Konfirmasi masalah pada fitur simulasi di aplikasi Android Bareksa

Kelebihan Bareksa lainnya adalah memiliki fasilitas barometer produk reksa dana. Barometer ini bisa membantu pengguna memilih reksa dana yang bagus utnuk dibeli.

reksa dana di bareksa
Grafik kinerja historis reksa dana yang tidak terlalu detail. Ketika di klik di titik periode tertentu, harganya tidak keluar

Selain itu, Bareksa juga memiliki fasilitas watch list. Fasilitas ini bisa membuat pengguna mendapatkan pengingat pesan kalau posisi harga reksa dana per unit yang kamu pantau sudah mencapai target yang ditentukan.

Skor Bareksa : 7,7/10

Rating Playstore : 3,9

Jumlah pengunduh : 100.000

Kelebihan : Fitur simulasi per produk reksa dana via smartphone* , Barometer rekomendasi produk, Watch list, dan informasi pendukung investasi lewat artikel

Kekurangan : Fitur simulasi produk tidak berjalan dengan lancar*, dan grafik kinerja historis kurang detail

Bibit

Bibit bisa dibilang menjadi salah satu platform reksa dana yang cukup inovatif. Platform ini sudah menawarkan fasilitas robo advisor hingga pembayaran melalui Go-Pay, uang elektronik milik Go-Jek.

rekomendasi reksa dana versi bibit
Rekomendasi reksa dana versi Bibit

Tampilan depan Bibit langsung menginformasikan tutorial investasi untuk beli atau jual produk reksa dana. Jadi, pengguna enggak perlu kebingungan lagi untuk mengetahui cara jual dan beli.

Pada tampilan depan, Bibit juga langsung memberikan rekomendasi produk. Pengguna bisa langsung klik ‘investasi sekarang’ jika ingin mengikuti rekomendasi tersebut.

Lalu, Bibit membagi produk reksa dana menjadi empat bagian yakni, pasar uang, obligasi, saham, dan syariah.

simulasi reksa dana ala bibit
Simulasi reksa dana ala Bibit

Penjabaran produk cukup sederhana dan mudah dipahami. Prospektus dan Fund Fact Sheet juga mudah didapatkan.

Lalu, tampilan grafik historis kinerja reksa dana Bibit bisa dibilang lebih detail ketimbang Bareksa.

Bibit juga menyediakan kamus investasi reksa dana. Jadi, buat para pemula bisa langsung belajar lewat aplikasi yang tersedia di android tersebut.

Adapun, Bibit menyediakan fasilitas simulasi keuntungan, tetapi tidak sedetail Bareksa yang memberikan gambaran per produk reksa dana.

kamus investasi reksa dana ala bibit
Kamus investasi reksa dana ala bibit

Simulasi Bibit hanya mencakup investasi awal, bulanan dan hasilnya hingga tahun ke-30.

Meskipun begitu, Bibit memiliki kelebihan dari segi layanan live chat untuk berbincang dengan timnya. Aplikasinya mencatat tim Bibit akan menjawab paling lama dalam 2 jam.

Fasilitas itu cukup berguna bagi investor reksa dana awam yang ingin mulai investasi.

fitur live chat ala Bibit
Fitur live chat ala Bibit

Nah, fasilitas yang terakhir ini saya belum terlalu paham karena tidak menggunakan Bibit untuk transaksi sesungguhnya.

Aplikasinya mencatat Bibit menggunakan teknologi Robo Advisor. Jadi teknologi ini akan membantu pengguna merancang portofolio investasi agar optimal.

Robo Advisor ini akan mengatur portofolio berdasarkan, umur, profil risiko, dan tujuan hidup.

Konon, teknologi itu didukung dari riset pemenang nobel Prize Harry Markowitz yang dinamakan modern portfolio Theory

Skor Bibit : 8/10

Rating Playstore : 4,5

Jumlah pengunduh : 50.000

Kelebihan : Menggunakan teknologi Robo Advisor, Bisa investasi dengan Go-Pay, Fasilitas Live Chat dengan tim Bibit

Kekurangan : Simulasi investasi terlalu abstrak

Tanamduit

Tanamduit menjadi salah satu platform yang rajin jualan reksa dana dan surat berharga negara (SBN) ritel seperti, Sukuk Tabungan atau Saving Bond Retail. Nah, seperti apa platform Tanamduit ini?

Fitur edukasi ala Tanamduit

Dari segi tampil awal, Tanamduit memberikan opsi untuk informasi edukasi investasi reksa dana dan SBN ritel. Selanjutnya, pengguna bisa langsung memilih produk lewat opsi + yang berada di tengah bawah aplikasi.

Jika pengguna klik menu + akan disajikan pilihan investasi reksa dana atau SBN ritel. Untuk SBN ritel, kamu hanya bisa membeli ketika pemerintah sedang melakukan penawaran saja, jadi tidak bisa sembarang waktu.

Berbeda dengan Bareksa dan Bibit, Tanamduit membagi produk reksa dana berdasarkan risiko yakni, risiko rendah, menengah, dan tinggi.

Risiko rendah terdiri dari reksa dana pasar uang, risiko menengah terdiri dari reksa dana pendapatan tetap dan campuran, risiko tinggi terdiri dari reksa dana saham dan indeks.

Kelebihan Tanamduit adalah fasilitas perbandingan produk yang bisa dilakukan dengan mudah. Ketika pengguna sedang mencari produk, mereka bisa langsung membandingkan produk yang dipilih secara langsung.

pilihan aplikasi investasi reksa dana

Hasil perbandingan berupa tren historis keuntungan dari semua reksa dana itu.

Fasilitas ini mungkin menjadi pengganti karena Tanamduit tidak menyediakan rekomendasi produk reksa dana.

Pemaparan produk berupa fund fact sheet dan prospektus sangat mudah diakses.

Sayangnya, Tanamduit tidak menyediakan simulasi investasi dan live chat.

Skor Tanamduit : 7,2/10

Rating Playstore : 4,2

Jumlah pengunduh : 50.000

Kelebihan : fitur perbandingan maksimal tiga produk reksa dana, langsung bisa belanja SBN ritel lewat smartphone, dan ada fitur edukasi investasi SBN serta reksa dana

Kekurangan : tidak ada fitur simulasi, dan live chat

Moduit

Moduit sepertinya memiliki filosofi nama yang berasal dari kalimat “Mau Duit.” Namun, itu cuma imajinasi saya saja sih.

Moduit adalah salah satu platform yang menyediakan investasi reksa dana. Tampilan depan platform Moduit berupa nilai investasi dan perkembangan keuntungan investasi pengguna.

Perjalan finansial reksa dana ala Moduit
Perjalan finansial reksa dana ala Moduit

Selain itu, Moduit juga memberikan opsi perjalanan finansial yakni, tujuan pengguna melakukan investasi. Moduit membagi ke beberapa tujuan, dari pendidikan, rumah, mobil, liburan, dan mimpi pengguna lainnya.

Setelah memilih tujuan investasi, pengguna akan masuk ke dalam simulasi investasi. Pengguna diminta memasukkan dana investasi awal dan target keuntungan.

Memasukkan rencana investasi ala Moduit
Memasukkan rencana investasi ala Moduit

Setelah itu, pengguna akan diberikan rekomendasi jenis reksa dana yang cocok untuk memenuhi target tersebut. Lalu, pengguna akan masuk ke tahap pemilihan produk.

Pembagian produk Moduit cukup standar yakni, reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham.

Rekomendasi investasi reksa dana ala Moduit
Rekomendasi investasi reksa dana ala Moduit

Aplikasinya cukup sederhana termasuk dalam penjabaran produk sampai grafik kinerja historis reksa dananya. Walaupun sederhana, tetapi cukup detail.

Moduit memang tidak memiliki fasilitas live chat, tetapi platform ini langsung membawa pengguna ke kontak whatsapp yang bisa dihubungi dari Senin-Jumat pada pukul 08:30 sampai 17:00.

Skor Moduit : 7,4/10

Rating Playstore : 4,6

Jumlah pengunduh : 1.000

Kelebihan : Memberikan simulasi portofolio investasi reksa dana yang cocok dengan kebutuhan, Fitur Live Chat via Whatsapp, dan aplikasi sangat sederhana

Kekurangan : Tidak menyediakan informasi edukasi langsung dari aplikasi

Sumber foto utama : Canva

0Shares

6 thoughts on “Pilihan Aplikasi untuk Investasi Reksa Dana Terbaik

  1. wah selama ini saya pakai bareksa ternyata ada banyak yang bisa dipakai untuk beli rdn ya, banyak opsi makin memudahkan untuk calon investor, apalagi mudah karena cukup register online aja

    1. Prospeknya bagus sesuai dengan profil risiko kamu. Kan reksa dana terbagi menjadi lima jenis ada pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan indeks. Risiko setiap jenisnya beda2. Semakin ambil yang risikonya kecil, berarti potensi cuannya juga gak besar. Namun, setidaknya, uangmu tetap bergerak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Social profiles
Close