Perpanjang STNK tahunan lewat online sudah bukan menjadi angan-angan lagi. Fasilitas itu bikin kamu enggak akan telat lagi bayar pajak tahunan STNK tersebut. Namun, bagaimana caranya sih?

Biasanya, perpanjang STNK tahunan itu bikin males banget sehingga tergoda menggunakan jasa pihak ketiga. Namun, jasa pihak ketiga tidak didapatkan secara cuma-cuma, kalian harus menambah ongkos jasa mereka juga.

BACA JUGA: Bijak Kelola Sampah Sejak Dini Bersama Danone-AQUA

Nah, kiniPerpanjang STNK tahunan lewat online bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional @Korlantas Polri.

Namun, saya tidak tahu apakah ini bisa menjangkau secara nasional atau tidak, tetapi aplikasi ini sukses untuk pembayaran pajak STNK tahunan di Kota Tangerang.

Sedikit cerita, jadi dalam proses perpanjang STNK tahunan lewat online ini kan ada proses pencetakan STNK baru. Nah, setelah pembayaran sukses, kamu akan diberikan waktu sekitar 30 hari kerja untuk mencetaknya.

Saat kemarin mencetak, ada petugas yang cerita alias mirip ngedumel.

“Ini kalau yang bayar online biasanya baru pada nyetak 1 minggu – 2 minggu setelah bayar. Kan jadi susah ngeceknya, enggak ada dah yang bayar online langsung cetak,” keluh sang petugas.

“Niatnya cuma biar enggak kelewatan tanggal pajaknya doang nih,” lanjutnya berkeluh kesah kepada temannya.

Saya pun berbicara sendiri dalam hati, “Ya tujuannya ada online kan biar mudah bayarnya dan jadi tepat waktu. Masalah cetak kan itu prosesnya.”

Meskipun begitu, para petugas tetap memproses pencetakan STNK baru via pembayaran online cukup cepat sih. Hanya saja, saya sempat lama karena salah datang lokasi STNK [harusnya di Ciledug, tapi datangnya ke Cikokol] sama enggak bawa berkas-berkas yang dibutuhkan.

Cara Perpanjang STNK Tahunan Lewat Online

Setelah mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional, kamu bisa langsung klik menu pendaftaran. Di sana, kamu akan mengisi data pribadi dan kendaraan seperti, nomor registrasi kendaraan bermotor, nomor KTP, nomor rangka kendaraan, dan kontak pribadi.

Jika sudah selesai, kamu tinggal klik Lanjutkan. Setelah itu, aplikasi akan mengarahkanmu kepada data kendaraan dan biaya pembayaraan, serta kode billing.

Di sini, kamu tinggal membayar saja via transfer bank virtual account. Waktu itu, saya menggunakan Mandiri Online dan transaksi selesai cukup cepat.

Setelah pembayaran sukses, kamu akan langsung mendapatkan email dari Tim Pembina Samsat Online Nasional yang mengabarkan transaksi sudah berhasil.

Nantinya, di email itu bakal ada file pdf yang isinya kosong. Namun, kamu jangan panik karena e-TBPKB dan e-STNK sudah tersedia di aplikasi.

Cara Mendapatkan STNK Baru Lewat Pembayaran Online

Setelah sukses melakukan pembayaran secara online, kamu harus mencetak STNK baru di Samsat kode lokasi STNK kendaraanmu. Tempat lokasi itu bisa kamu cek di STNK bagian tenggat waktu pajak tahunan.

Sebelum minta cetak, kamu akan diminta bawa beberapa berkas seperti, mencetak e-TBKP dan e-Pengesahan STNK. Lalu, fotokopi BPKP, STNK lama bagian pajak tahunan, dan KTP.

Semua berkas itu ditempatkan di satu map. Setelah itu, kamu tinggal berikan kepada petugas bagian samsat online. Tunggu sekitar 20 menit-30 menit, STNK barumu sudah berhasil dicetak.

Untuk mengurus pencetakan STNK baru bisa dilakukan pada hari Sabtu, tetapi Samsat hanya buka sampai jam 12:00 WIB. Jadi, disarankan urusnya dari pagi.

Skor Samsat Online: 7,1/10

0Shares

One thought on “Perpanjang STNK Tahunan Lewat Online, Ini Caranya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Social profiles
Close