Views 2
Waktu Baca3 Menit, 25 Detik

Investasi bagi milenial terdengar seperti sesuatu yang dilakukan jika sudah bekerja dan memiliki penghasilan tinggi. Kini, persepsi itu sudah sirna karena siapapun bisa mulai melakukan investasi dengan modal Rp100.000 per bulan. 

Dengan modal investasi Rp100.000 per bulan, generasi milenial sudah bisa memulai investasi sejak dini. Seperti pribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, dengan menabung mulai Rp100.000 per bulan, kalian bisa mengumpulkan uang untuk di kemudian hari atau kebutuhan lainnya di masa depan. 

Apalagi, milenial juga suka banget sama traveling, dengan begitu hasil dari investasi juga bisa digunakan untuk jalan-jalan ke destinasi impian.  Meskipun begitu, hasil investasi milenial juga bisa digunakan untuk hari tua demi memutus rantai generasi sandwich. 

Di sini, milenial memiliki kelebihan dalam berinvestasi dibandingkan dengan Baby Boomers, kelebihan itu adalah soal waktu untuk memulai investasi.

Investasi Bagi Milenial, Ini Manfaatnya?

Dikutip dari Duwitmu.com ada beberapa manfaat investasi bagi milenial. Pertama, memiliki aset kekayaan yang disimpan untuk jangka panjang. Nah, aset kekayaan ini bisa berbentuk investasi properti, saham, surat utang ritel negara, dan lainnya. 

Kedua, investasi akan melindungi uang kalian dari inflasi. Inflasi adalah ketika harga barang pada naik, tetapi nilai uang tetap. Jika kalian tidak melakukan investasi, nantinya nilai uang semakin turun akibat inflasi. Namun, jika melakukan investasi, nilai uang yang turun bisa digantikan dari imbal hasil yang didapatkan dari keuntungan dalam investasi. 

Ketiga, merdeka secara keuangan, artinya kalian bisa memenuhi kebutuhan di masa mendatang dari hasil investasi yang dilakukan sejak saat ini. Jadi, kalian enggak perlu mencari utang untuk memenuhi kebutuhan karena sudah disiapkan sejak dini.

Keempat, masa depan yang cerah dan bisa memutus rantai generasi sandwich. Dengan investasi, kalian bisa mempersiapkan dana hari tua lebih banyak sehingga ketika tidak bekerja lagi, kalian tetap bisa menikmati kehidupan. Jadi, jangan pernah ragu untuk melakukan investasi sejak dini.

Jenis Investasi untuk Milenial

Terus, kalau begitu instrumen investasi apa aja nih yang cocok buat milenial? ada beberapa sih yang cocok dari imbal hasil konservatif alias keuntungan kecil sampai gede. Cuma inget, high risk, high return, semakin tinggi keuntungan, makin tinggi juga risikonya. Berikut beberapa instrumen investasi bagi milenial. 

Pertama, DEPOSITO adalah produk bank yang disimpan dalam jangka waktu tertentu. Selama disimpan, uang kalian di deposito tidak akan bisa diambil secara tiba-tiba. Jika diambil secara tiba-tiba, kalian akan mendapatkan sanksi dari pemotongan hingga penghapusan keuntungan yang sudah diperoleh. 

Produk Deposito bisa dibilang berisiko paling rendah karena semua uang kalian di sana dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam rentang bunga dan simpanan tertentu. 

Kedua, SAHAM menjadi instrumen investasi yang paling populer saat ini. Bentuknya adalah kepemilikan saham di perusahaan yang sudah melantai di bursa. Keuntungan dari instrumen investasi ini ada dua, yakni capital gain atau kenaikan harga dari aksi jual beli saham di bursa dan dividen dari hasil laba bersih perusahaan yang dimiliki. 

Potensi keuntungan tinggi, begitu juga dengan risikonya, investasi saham memiliki risiko tinggi juga. Risiko investasi saham antara lain, penurunan harga saham dan perusahaan yang dimiliki bangkrut. 

Ketiga, EMAS menjadi instrumen investasi tradisional yang sudah dilakukan sejak lama. Beberapa jenis investasi emas yang populer adalah dalam bentuk batangan dan perhiasan. Konon, harga emas akan mengikuti pergerakan investasi, sedangkan risikonya adalah masalah penyimpanan, terutama untuk emas fisik. 

Keempat, PROPERTI tergolong sebagai investasi di sektor riil. Keuntungan dari investasi properti adalah harga properti yang disebut selalu naik. Namun, untuk mendapatkan satu properti, kalian membutuhkan uang yang banyak. 

Selain itu, investasi properti juga kurang likuid jika kalian ingin mencairkannya dalam jangka pendek. Belum lagi, perawatan properti juga membutuhkan uang yang tidak sedikit. 

Kelima, REKSA DANA menjadi investasi yang bisa memberikan imbal hasil yang lumayan besar bagi para pemula. Ada beberapa jenis reksa dana, yakni reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, indeks, dan terproteksi. 

Reksa dana dinilai aman bagi para pemula karena dana kalian akan dikelola oleh seorang manajer investasi yang paham seluk beluk produk tersebut. Jadi, kalian enggak perlu mikir mati-matian untuk pilih produk investasi yang paling cocok dan menguntungkan.

Jadi, mau mulai kapan kalian wahai milenial untuk memulai investasi? sekarang, besok, lusa, atau nanti menunggu sadar kalau investasi itu penting.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social profiles