Dorama Jepang tema kedokteran menjadi salah satu yang terpopuler. Dari ada yang live action sebuah manga sampai kisah drama yang membawa aroma kekeluargaan yang mengharukan.

BACA JUGA: Bank Asal Thailand Agresif Menuju Ke Indonesia, Mulai Saingi Malaysia dan Singapura

Sejak 2010-an, sudah ada beberapa dorama Jepang tema kedokteran yang saya saksikan. Kali ini, saya akan merangkum daftar dorama Jepang tema kedokteran berikut juga dengan rating menurut subjektif saya.

Godhand Teru

Dorama Jepang Godhand Teru

Sebuah dorama yang mengadopsi dari manga kedokteran dengan judul yang sama, Godhand Teru. Tayang pertama kali pada 11 April 2009 dan hanya 6 episode ini menjadi dorama kedokteran pertama yang saya tonton.

Dari Asia Wiki, TV Ratings serial ini sekitar 8,7%, sedangkan rating dari pengguna sebanyak 115 respondens sebesar 89.

Kisahnya berawal dari Mahigashi Teru, yang diperankan oleh Yuta Hiraoka, dokter muda yang ceroboh, tetapi di saat genting dia bisa menjadi dokter yang hebat. Hal itu disebabkan jejak tangan ayahnya yang berada di dadanya.

Ayahnya adalah dokter bedah terkenal yang meninggal karena kecelakaan pesawat.

Teru pun magang sebagai dokter di rumah sakit Yasuda Memorial milik murid ayahnya, Junji Yasuda, yang diperankan Atsuro Watabe. Di sana, juga ada dokter bedah hebat, yakni Shuichi Kitami, yang diperankan Tetsuya Bessho.

Di sisi lain, rekan magang Teru, Kozue Shinomiya, yang diperankan Asami Mizukawa, adalah anak dari keluarga dokter ternama. Masalah utamanya adalah ketika Teru bersama Kozue harus melawan rumah sakit buatan keluarga Shinomiya.

Satu episode Godhand Teru ini cukup lama, yakni sekitar 1 – 1,5 jam. Namun, episode yang pendek membuat serial ini bisa kalian habiskan dalam sehari.

Rating: 8,3/10

Kounodori

Dorama Jepang Kounodori

Serial kedokteran kedua yang akan dibahas adalah Kounodori atau Dr. Storks. Kali ini, fokus cerita adalah tentang dokter kandungan.

Serial yang tayang pada 16 Oktober 2015 juga diadopsi dari manga dengan judul serupa. Jika melihat ratingnya di Asian Wiki, TV Ratingsnya lebih tinggi ketimbang Godhand Teru, yakni sebesar 11,41%, sedangkan rating pengguna juga lebih tinggi, yakni 94.

Berbeda dengan Godhand Teru yang ada aroma imajinasi kekuatan ayah Mahigashi Teru yang bisa bangkit ketika anaknya terdesak, cerita Kounodori ini lebih memaparkan berbagai masalah dalam kehamilan.

Sakura Konotori, yang diperankan Gou Ayano, menjadi dokter kandungan yang memang menyenangi bidangnya, termasuk anak-anak.

Dalam serial itu, banyak kasus kehamilan yang menarik dan cukup mengharukan. Salah satunya, membahas ibu hamil yang masih suka merokok bagaimana dampaknya terhadap janin.

Lalu, berbagai komplikasi lainnya yang mungkin bisa membuat perempuan yang nonton bisa terharu. Pasalnya, serial ini juga memperlihatkan perjuangan seorang ibu dalam mempertahankan janinnya.

Rating: 7,9/10

Mutsu: Mieru Me

Dorama Jepang Mutsu Mieru Me

Dorama kedokteran yang satu ini menggabungkan jenis kisah medis dengan aksi yang menegangkan. Apalagi, kemampuan tokoh utamanya Eisuke Tameyori yang diperankan oleh Hidetoshi Nishijima yang memiliki kemampuan spesial di matanya.

Eisuke adalah dokter yang bisa melihat penyakit hanya dengan sekali melihat. Tak hanya penyakit, dia juga bisa melihat niat jahat yang akan dilakukan seseorang dengan matanya.

Eisuke memiliki klinik kecil yang sering dikunjungi oleh banyak orang karena kemampuannya tersebut. Dengan kemampuan matanya, dia kombinasikan dengan pengetahuannya sebagai dokter untuk menyembuhkan pasien

Untuk itu, Atsushi Ito, yang diperankan Junichiro Hayase, seorang polisi yang kerap bersama Eisuke untuk mengungkap kasus kejahatannya.

Di sisi lain, pemilik rumah sakit Yoji Shirikami yang diperankan Hideaki Ito sangat tertarik dengan kemampuan Eisuke. Polemik muncul ketika Eisuke bertemu dengan Yoji. Ada rahasia yang Yoji sembunyikan dan merupakan sebuah tindakan kejahatan.

Serial ini tayang pada 7 Oktober 2015 dengan TV ratings sebesar 7,8%. Lalu, pengguna rating sebesar 94 dari total 347 yang melakukan voting.

Rating: 8,1/10

Ishitachi no Renai Jijou

Dorama Ishitachi no Renai Jijou

Dorama Jepang kedokteran ini berbicara tentang Haruki Morita, yang diperankan Takumi Saito, yang ingin mempelajari ilmu kedokteran dengan teknologi canggih di rumah sakit universitas. Haruki memiliki karakter yang membela keadilan dan sangat menghormati pasien.

Namun, kondisi rumah sakit ternyata hanya fokus kepada bisnis. Jadi, pasien sembuh bukan tujuan utama, melainkan kenaikan jumlah pasien. Bahkan, demi uang, rumah sakit rela memulangkan pasien yang belum sembuh agar mereka kembali lagi.

Di rumah sakit inilahm Haruki bertemu dengan Chizuru Kondo, seorang dokter syaraf yang sangat handal. Chizuru adalah orang tua tunggal dengan satu orang anak.

Chizuru yang awalnya tutup mata dengan kondisi rumah sakit, matanya mulai terbuka dengan aksi pemberontakan Haruki kepada manajemen.

Di sisi lain, ada cerita sampingan hubungan antara Sotaro Takahashi yang diperankan Hiroyuki Hirayama, dan Nana Kawai yang diperankan Saki Aibu.

Sotaro adalah duda yang cerai dari istrinya serta memiliki satu anak, sedangkan Nana adalah orang tua tunggal dengan satu anak.

Kisah dorama yang mempunya judul bahasa Inggris Doctor’s Affair ini juga menunjukkan hubungan perselingkuhan Dokter Yusuke Nishi, yang merekomendasikan Haruki untuk ke rumah sakit dengan Tomoko Ichikawa.

Yusuke sangat tertekan dengan kondisi rumah tangganya yang memaksanya untuk menjadi kepala rumah sakit. Di sisi lain, Tomoko ingin segera hamil, tetapi suaminya tidak peduli dengan keinginannya tersebut.

Di balik kisah hubungan rahasia para dokter ini, ada misteri tentang Chizuru bersama anaknya yang selalu membantunya menyelesaikan masalah.

Ishitachi no Renai Jijou tayang pada 9 April 2015 dengan TV rating rata-rata mingguan 8,5%. Lalu,rating dari pengguna sebesar 80 dari total 149 yang melakukan voting.

Rating: 8,2/10

Code Blue Season 1

Code Blue Drama

Code Blue menjadi salah satu dorama Jepang tema kedokteran yang memiliki banyak season. Code Blue terdiri dari 3 Season dan 1 film. Code Blue mengisahkan perjalanan 4 dokter magang di divisi gawat darurat dokter heli rumah sakit Shohoku.

Keempat dokter magang itu antara lain, Kousaku Aizawa yang diperankan Tomohisa Yamashita, Megumi Shiraishi yang diperankan Yui Aragaki, Mihoko Hiyama yang diperankan Erika Toda, dan Kazuo Fujikawa yang diperankan Yosuke Asari.

Keempat dokter magang ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Aizawa memiliki sikap arogan, tetapi memang paling lihai dan percaya diri soal bedah di antara 3 dokter magang lainnya.

Lalu, Shiraishi memiliki karakter teoritis. Dia hapal berbagai hal tentang ilmu bedah, tetapi kurang percaya diri untuk prakteknya.

Hiyama menjadi anak magang yang terlalu percaya diri, meski tidak terlalu memiliki pemahaman yang dalam tentang ilmu bedah. Dia sangat membanggakan ilmu tentang kehamilan dan janin karena pernah mengerjalan penelitiannya, meski hanya menemani seniornya.

Lalu, Fujikawa adalah satu-satunya anak di kampungnya yang bisa tembus ke fakultas kedokteran. Dia mmiliki mimpi untuk bisa naik helikopter untuk menangani kondisi gawat darurat.

Namun, dia enggak mampu menunjukkan kemampuannya kepada Shuji Kuroda, yang diperankan Toshiro Yanagiba, dokter bedah hebat di RS Shohoku.

Keempat dokter magang itu punya kisah latar belakang masing-masing. Di sisi lain, masalah utamanya adalah bagaimana tingkat kematangan para dokter magang ini sebagai dokter heli dan gawat darurat.

Hal itu dihubungkan dengan kisah para seniornya seperti Kuroda sampai Kanna Mitsui yang diperankan Ryo.

Namun, saya kurang tertarik menyaksikan season kedua karena Kuroda yang sudah tidak bermain, meski belum sampai akhir.

Alasan lainnya adalah karena belum menemukan streaming yang subtitlenya pas sehingga cukup lelah nontonnya. Saya masih tertarik jika menemukan streamingan yang pas untuk Code Blue Season 2, 3, dan Movienya.

Serial COde Blue season 1 tayang pada 3 Juli 2008 dengan Tv rating rata-rata mingguan tertinggi, yakni 15,6%. Dari sisi pengguna, rating Code Blue Season 1 sebesar 93 dari total 385 yang nge-voting.

Rating: 8,35/10

0Shares

One thought on “Dorama Jepang Kedokteran Pilihan Selama Pandemi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social profiles