Cara menjadi kaya pasti membutuhkan waktu, tetapi tawaran jadi kaya instan tetap menggoda. Salah satunya, tentang Binomo, platform opsi biner atau binary option yang viral dalam sebulan terakhir.

“Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan US$1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah  dan Anda adalah salah satunya. Halo, saya Budi Setiawan, seorang trader profesional..,” ucap Budi dalam iklan Binomo yang sangat tenar di Youtube.

BACA JUGA: Cara Perpanjang STNK Tahunan Via Online

Nama Budi Setiawan menjadi viral bukan karena banyak yang ingin memahami produk yang ditawarkannya, tetapi akibat iklan itu terus muncul di Youtube. Tokoh Budi Setiawan yang mengaku sebagai trader profesional pun jadi obrolan sampai bahan guyonan di jagat maya.

Faktanya, Budi Setiawan hanyalah tokoh fiktif yang diperankan oleh Yosua Putra. Dalam Channel Youtube Adlyangbeen, Yosua mengakui kalau dia bukan trader profesional, melainkan seorang musisi.

Perjalanannya menjadi bintang iklan platform opsi biner itu terjadi ketika dirinya sedang di Rusia. Saat itu, dia ingin mencari uang dan ada peluang menjadi bintang iklan lewat akses pacarnya yang merupakan bintang film di sana.

Di luar sosok Yosua yang viral, iklan itu bisa jadi memengaruhi persepsi investasi dan trading di kalangan anak muda di Indonesia. Seolah-olah, investasi dan trading itu mudah seperti opsi biner yang tinggal menebak angka naik atau turun, lalu jika tebakan benar bisa mendapatkan reward yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cara Menjadi Kaya Instan, Hati-hati Jebakan ‘Investasi-investasian’

Faktanya, opsi biner bukanlah instrumen investasi maupun trading. Perbedaan besar antara investasi dan trading dengan opsi biner adalah peluang keuntungan yang diperoleh. Keuntungan dari investasi dan trading akan sangat bergantung dengan kondisi pasar, sedangkan opsi biner sudah ditentukan sejak awal sebelum memutuskan pilih naik atau turun.

Di Indonesia, situs  platform opsi biner sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) lewat kerja sama dengan Bappebti. Namun, banyak jalan menuju Roma, penggunanya yang sudah kecanduan tetap bisa akses situs itu menggunakan VPN dan penyedia platformnya pun membuat situs baru dengan top level domain yang berbeda.

Cara menjadi kaya dengan instan memang mudah menarik perhatian banyak masyarakat di Indonesia. Hal itu bisa terlihat dari masifnya keberadaan investasi bodong dari Manusia Membantu Manusia (MMM) yang menggunakan skema ponzi hingga sang ahli pengganda uang Dimas Kanjeng.

Tawaran imbal hasil tinggi dalam jangka dekat seolah membutakan akal sehat yang kadung dikuasai nafsu memburu kekayaan. Padahal, investasi itu bukan bertujuan untuk melipatgandakan uang dalam jangka pendek, melainkan berharap keuntungan untuk jangka panjang agar nilai uang tidak tergerus inflasi.  

Lagipula, tidak ada jalan instan untuk cara menjadi kaya, semua butuh waktu dan usaha. Seperti kata Warren Buffet, kesuksesan dalam berinvestasi membutuhkan waktu, kedisiplinan, dan kesabaran. Entah seberapa baik talenta dan besar usahamu, semua itu tetap membutuhkan waktu.

Lalu, Warren Buffet juga pernah berpesan jangan pernah investasi pada bisnis yang tidak dipahami. Artinyakalau terlalu gelap mata dengan janji manis imbal hasil sangat besar tanpa memahami lebih jauh, yang ada bisa tersungkur dan merugi sendiri.

Terbit di Harian Bisnis Indonesia Senin (02/12/2019)

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Social profiles
Close