Bisnis es doger Gibran Rakabuming mendapatkan pendanaan senilai US$5 juta atau setara Rp71 miliar dari Alpha JWC Ventures. Siapa Alpha JWC Ventures sampai mau mendanai bisnis es doger anak presiden Indonesia tersebut?

Dikutip dari CB Insight, Alpha JWC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh Chandra Tjan, Jefrey Joe, dan Will Ongkowidjaja.

Menurut situs resmi Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan kini menjabat sebagai Co-founder dan Managing Partner dari perusahaan modal ventura tersebut. Chandra disebut sudah memiliki pengalaman selama 8 tahun di bisnis modal ventura. Sebelum masuk ke dunia modal ventura, Chandra memiliki pengalaman selama 10 tahun sebagai banker di Credit Suisse dan Citigroup.

PODCAST: Ini Prediksi Nasib Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia. 80% Sudah Sesuai Prediksi

Sepanjang karirnya di dunia modal ventura, dia disebut sudah mendorong investasi ke 50 perusahaan di Asia dan Amerika Serikat (AS). Dua diantaranya adalah unicorn asal Indonesia yakni, Tokopedia dan Traveloka. Kini, Tjandra menduduki jabatan di beberapa perusahaan digital Asean seperti, Funding Societies, OnlinePajak, Carro, dan Sepulsa.

Lalu, Jefrey Joe yang juga berstatus Co-Founder & Managing Partner Alpha JWC Ventures telah berkelana di beberapa industri. Sebelum sampai di Alpha JWC Ventures, Jefrey sempat menjadi Chief Operating OfficerGroupon Indonesia.

bisnis es doger
Aktivitas Pendanaan Alpha JWC. / Sumber: CB Insight

Jefrey juga pernah menjadi konsultan strategis di The Boston Consulting Group, serta menjadi Advisory Services Ernst & Young. Di perusahaan terakhir, dia bertugas melakukan valuasi kinerja saham untuk aksi korporasi seperti, merger, akuisisi, maupun penawaran saham perdana. Selain itu, Jefrey juga menjadi sosok co-founder Sepulsa.com.

Sosok terakhir, Will Ongkowidjaja selaku Co-Founder Alpha JWC Ventures yang memiliki latar belakang Investment Banking dan konsultasi manajemen.

BACA JUGA: Sistem Pembayaran Kode QR Kena MDR, Bagaimana Nasib Merchant?

Sebelumnya, Will menjadi Direktur UBS Investment Bank di Indonesia dan konsultan manajemen di Mckinsey & Company di Indonesia, serta Booz Allen Hamilton di Australia. Pengalaman kerjanya pun kerap berhubungan dengan mengatur strategi untuk penawaran saham perdana sampai merger dan akuisisi perusahaan.

Bisnis Es Doger dan Startup Lainnya yang Dibiayai Alpha JWC

Dari data CB Insight, startup pertama yang didanai oleh Alpha JWC ventures adalah Jualo asal Indonesia pada 17 April 2015 dengan nilai yang dirahasiakan.

Jualo adalah startup yang memiliki lini bisnis marketplace untuk barang bekas. Alpha JWC Ventures memberikan tiga kali pendanaan ke startup asal Indonesia itu, yakni pendanaan perdana pada 17 April 2015, pendanaan seri A pada 25 Januari 2016, dan pendanaan seri A kedua pada 39 Agustus 2016. Semua nilai pendanaannya dirahasiakan.

Lalu, Jualo pun diakuisisi oleh startup asal Singapura, yakni Carro pada 6 Agustus 2019. Carro adalah startup marketplace jual beli kendaraan bekas di Singapura.

Dikutip dari Tech in Asia, Carro telah mendapatkan pendanaan tambahan sekitar US$30 juta yang digunakan untuk mengakuisisi Jualo. CEO dan pendiri Carro Aaron Tan mengatakan, akuisisi Jualo adalah bagian dari rencana ekspansi untuk memperluas pasar di seluruh Asean.

Menariknya, Carro juga didanai oleh Alpha JWC Ventures, modal ventura yang juga mendanai Jualo. Alpha JWC Ventures telah bergabung dengan konsorsium investor untuk mendanai Carro sebanyak tiga kali.

Bisnis es doger
Ukuran pendanaan Alpha JWC. Sumber: CB Insight

Pertama, 13 Juni 2016, Alpha JWC Ventures bersama GMO Venture Partner, Golden Gate Ventures, Singtel Innov8, Skystar Ventures, dan Venturra Capital memberikan pendanaan seri A kepada Carro senilai US$5,3 juta.

Kedua, dengan konsorsium yang sama, Alpha JWC Ventures memberikan pendanaan seri A kedua ke Carro senilai US$12 juta. Ketiga, modal ventura itu memberikan pendanaan seri B ke Carro senilai US$60 juta dengan tim konsorsium yang baru, yakni B Capital Group, Golden Gate Ventures, Insignia Venture Partners, Manik Arora, Singtel Innov8, Softbank Ventures Asia, dan Venturra Capital.

Namun, Alpha JWC tidak ikut pendanaan seri B kedua Carro senilai US$30 juta yang digunakan untuk mengakuisisi Jualo.

Startup Indonesia yang Didanai Alpha JWC

Alpha JWC Ventures menjadi salah satu modal ventura yang fokus pada pendanaan startup di Asean. Secara keseluruhan, modal ventura itu sudah membiayai 14 startup asal Indonesia. Selain Indonesia, modal ventura itu juga membiayai startup asal Singapura dan Vietnam. 

Setelah memberikan pendanaan kepada Jualo, Alpha JWC memberikan pendanaan perdana ke Startup Indonesia lainnya, yaitu Asmaraku pada 26 Januari 2016. Asmaraku adalah marketplace yang menjual barang yang dibutuhkan untuk membuat suasana romantis dengan pasangan.

Selanjutnya, Alpha JWC memberikan pendanaan perdana kepada FinAccel, pemilik produk Kredivo. Selain pendanaan perdana, modal ventura itu juga ikut konsorsium pendanaan seri B Kredivo senilai US$30 juta pada 31 Mei 2018.

Lalu, Alpha JWC juga ikut pendanaan seri B startup marketplace Sale Stock yang kini bernama Sorabel senilai US$27 miliar bersama Convergence Ventures, Gobi Partners, Golden Equator Capital, Korea Investment Partner, MNC Grup, dan Sinar Mas Digital Ventures.

Startup Indonesia lainnya yang dibiayai oleh Alpha JWC adalah Online Pajak.  Startup yang memiliki lini bisnis konsultasi pajak itu mendapatkan pendanaan seri A dan seri B dari perusahaan modal ventura tersebut. Pada pendanaan seri B, Online Pajak mendapatkan US$25 juta dari 6 investor, termasuk Alpha JWC. 

Kemudian, TaniGroup yang memiliki usaha TaniHub dan TaniFund mendapatkan pendanaan perdana dari Alpha JWC Ventures. Nama Tanihub sempat heboh setelah Presiden Indonesia Joko Widodo menyebutnya ketika debat pilpres 2019.

Lemonilo, Startup yang menyediakan makanan organik dan sehat, juga menjadi bidikan Alpha JWC. Modal Ventura itu ikut pendanaan seri A Lemonilo pada 20 Agustus 2018 bersama Unifam Capital.

Tak bosan-bosannya di sektor makanan minuman, kali ini Alpha JWC Ventures memberikan pendanaan perdana ke Kopi Kenangan senilai US$8 juta.

Sektor Usaha Lainnya yang Didanai Alpha JWC

Selain sektor makanan, minuman, dan gaya hidup, Alpha JWC pun ikut pendanaan sektor media. Perusahaan modal ventura itu ikut memberikan pendanaan seri A bersama Insignia Venture Partners kepada Nusantara Technology yang memiliki produk, Keepo.me dan Yukepo.com.

Alpha JWC juga terlibat pendanaan seri A Target Media Nusantara, startup periklanan, pada 16 November 2018. Target Media Nusantara adalah bagian dari Focus Media Group, perusahaan yang berbasis di China.

Sektor lainnya yang diberikan pendanaan adalah keuangan. Alpha JWC memberikan pendanaan perdana senilai US$2,1 juta kepada Ajaib, yang memiliki jasa investasi reksa dana.

Selanjutnya, Alpha JWC juga memberikan pendanaan startup perhotelan yakni, Bobobox. Modal ventura itu berpartisipasi dalam dua pendanaan perdana Bobobox.

Goola, bisnis es doger milik anak sulung Presiden Indonesia Joko Widodo, juga didanai Alpha JWC senilai US$5 juta tepat sebelum perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Teranyar, Alpha JWC juga memberikan pendanaan perdana kepada Rata, startup yang memiliki lini usaha teknologi kesehatan gigi. Namun, nilai pendanaannya belum disebutkan secara detail.

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Social profiles
Close